Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
nukleus mamilaris

selamat membaca

KONYITGASI DENGAN PERANTARA PLASMID

KONYITGASI DENGAN PERANTARA PLASMID

Plasmid

Kuman-kuman menjadi tuan rumah bagiblemen-elemen genetika ekstrakhromosomyang dinamakan'plasmid. Dalam keadaanpertumbuhan biasa plasmid ridak diper_ lukan oleh se1. Adanya plasmid tr.,u terlihat bila gena yang dikandungnyamemberikan sifat*srfat baru pada tuan rumah, dan umumnya plasmid dinamakanberdasarkan sifat-sifat ini. plasmidyang paling terkenal ialah

(1) Faktor*faktor seks-plasmid inimenjadi perantara transfer khromosom melalui mekanisma yang dipaparkan dibawah. Plasmid yang paling- blnyak di_pelajari ialah F, faktor seks yangditemukan pada E coli Kl2.

(2) Faktor-fakror Ko1-plasmid inimengandung gena yang dapat merangsangtuan rumahnya untuk menghasilkan koli_sin, yaitu proteln-protein yang meru_pakan racun-racun yEng mematikan bagikuman-kuman kolifolm. Kebanyakan anggotakelompok ini adalah kecil (kurbngdari 10 megadalron ADN), terdapaidalam sel dalam turunan yang banyak (20-100), dan ridak berkonyugasi-ti_dak memiliki sistem gena yang mengaturtransfer-sendiri.

(3) Faktor-fakror resisrensi (R)-Plasmid .ini mengandung gena yang dapatmeaberik'an pada sel sifat rjaesriasdterennsii k, tesrehpadeartpi paenltbrbaigoatiik zaa. t aSunattiuplasmid t.unggal misalnya, dapat mengandunggena-gena terpisah yang resistenterhadap streptomisin, khloramfenikol, t.etrasiklin, dan sulfonamida. padabeberapa kasus terdapat kemungkinan untuk rnenguraikan plasmid dalam beberapabagian yang iebih kecil: suatuelemen, yang drnamakan faktor transferresist-ensi (ffn), yang mengandring genayang mengatur proses transfer intrasel;dan elemen-elernen yang terpisah, dinamakan penentu R, yang mengandung genaresistensi . Pada kasus-kasus lain,pelbagai elernen-elemen ini tetap terikaterat satit sama lain, dan seluruhplasrnid dinamakan faktor R. Baca informasi selengkapnya tentang obat alami penyakit gula darah terbaik yang sudah teruji secara klinis.

(4) Plasrnid penisilinasa dari stafilokok-Plasmid ini mengandung gena yangdapat menyebabkan sel menghasilkan suatu penisilinasa yang kuat, sehinggamenyebabkan sel tersebuL resist.en terhadap penisilin. Perbedaannya darifaktor-faktor R ialah bahwa plasmidini tidak mampr, bertransfer dengan cara i<cnvugasi. Plasmid ini dapat dipindahkandar - se1 ke sel melaluitransduksi dengan perantara faga.

(5) Plasmid degradatif dari Pseudomatto.s-. Plasmid ini mepgandung sekumpulangena yang menentukan enzim-enzim jalan katabolik, seperti enzim-enzim untuk memecahkan kamfer, toluena, oktan,

atau asam salisilat.

Seperti yang dibicarakan di bawah,plasmid memiliki banyak sifat-sifatyang sama, dengan virus-.;irus kuman (faga), Plasmid sangat bermakna secara kiinis, bukan saja karena mengandung gena reiistensi terhadap obat-obat terapetik tetapi juga karena beberapadi antaranya menjadi perantara rekombinasi kuman-suatu proses yang menghasilkan timbulnya slrain-strain dengan kombinasi baru dari faktor-faktor antigenik dan virulensi.

Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post