Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
nukleus mamilaris

selamat membaca

Forniks mengandung juga serabut-serabut yang menghantarkan impulske nukleus mamilaris

Forniks mengandung juga serabut-serabut yang menghantarkan impulske nukleus mamilaris

Bagian-bagian lain hipotalamus dan substansia retikularis mesensefali. Girus singuli berhubungan dengan bangunan-bangunan sekitarnya ter'utama dengan lobus frontalis, nukleus kaudatus dan putamen melaluikapsula interna. Hubungan dengan daerah septal berlangsung dengan perantaraanforniks. Girus singuli menerima serabut dari nukleus amigdala,hipokampus, lintasan olfaktorik dan korteks orbitalis. Hubungannya denganhipotalamus dan substansia retikularis batang'otak dilangsungkan oleh'medialforebrain bundte'.

Dari anatomi susunan limbik dapat disimpulkan bahwa susunan limbikterkait sangat erat dengan hipotalamus. Dan melalui hipotalamus juga,susunan limbik mendapat hubungan yang mesra dengan substansia retikularisItDurh limUl ruditorl batang otak. Lintasan eferen susunan limbik yang menuju ke periferi melaluihipotalamus dan substansia retikularis batang otak adalah lintasan yangmenyalurkan impuls vegetatif ke periferi. Untuk menyatakan bahwa sumberimpuls tersebut ialah susunan limbik tampaknya terlampau sederhana, olehkarena berbagai macam impuls diproyeksikan kepada susunan limbik. Tetapi bangunan-bangunan yangtercakup dalam susunan saraf limbik tidak berdiri sendiri,Mereka berfungsi sebagai bagian-bagian yang dalam kegiatannya terintegrasi.Maka dari itu mereka dianggap sebagai suatu satuan fungsional.

FUNGSI DAN DISFUNGSI SUSUNAN SARAFAUTONOM EAGIAN TEPI

Aktivitas simpabtk melebarkan diameter pupil, melebarkan fisurapalpebrale, meningkatkan frekwensi denyutan jantung dan memperlancarpenyaluran impuls melalui jaras atrioventrikuler, rrenyempitkan lumen(konstriksi) hampir semua pembuluh darah, terutama yang menuju ke kulitdan visera abdominal, tetapi melebarkan lumen (dilatasi) arteria koroner,menghambat pefiskltik saluran pencernaan, mengeratkan sfingter saluranpencernaan, menghambat otot detrusor kandung kemih, membangunkanbulu kulit, menggalakkan sekresi keringat dan adrenalin bpinephrine) sertameningkatkan gula darah dengan jalan glikogenolisis di hepar.

Melalui efeknya terhadap sekresi adrenalin, ia menggalakkan dirinya sendiri, olehkarena adrenalin merangsang susunan saraf simpatetik. Khasiat simpatetikterhadap pembuluh darah dan jantung, (konstriksi pembuluh darah umumdan intra abdominal, dilatasi arteri koroner dan meningkatkan frekwensidenyutan jantung) mengakibatkan bertambahnya jatah darah untuk paru,otak dan otot-otot.

Di lain pihak, aktivitas parasimpaatvk rnenyernpitkan: diameter pupil,m€mperlambat f rekwensi denyutan iantu ng, rneqgharnbat la ncarnya pengh antaranmelalui jaras atrioventrikuler, rnelqbarkahrlu,men,pem:bu.luh darah,me'nyempitkan lumen bronkhioli, menggelakkan sekresi air liur',dan airmata, menggalakkan peristaltik dan melonggarkan sfingter saluran pencernaan,menggalakkan otot detrusor kandung kemih dan sekresi insulinsehingga menurunkan gula darah.

Sifat antagonistik antara komponen simpatetik dan parasimpatetikdapat dianggap perlu untuk mempersiapkan tubuh untuk menanggulangitantangan dan memelihara kehidupan tubuh sepanjang mqsa.Informasi lengkap seputar harga obat diabet terbaik dapat dilihat dengan klik disini.

Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post