Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
nukleus mamilaris

selamat membaca

Erupsi terlihat memburuk oleh panas (berkuat, pancuran mandi air panas) dan kekeringan (sabun)

Erupsi terlihat memburuk oleh panas (berkuat, pancuran mandi air panas) dan kekeringan (sabun)

Tetapi resolusi secara spontan tetap terjadi dalam 6 - 14 minggu. Virus dipostulasikan sebagai etiologinya tetapi takterbukti. Anggota rumah yang kontak jarang-jarang menderita penyakit ini. Tak lazim rekurensi, tetapi kadang-kadang terjadi.

PENGOBATAN

1. Kebanyakan pasien memerlukan sejumlah pengobatan untuk mempercepat resolusi. Bijaksana mandi dengan pancuran air hangat suam-suam kuku yang cepat pengganti mandi berendam dan mandi di pancuran mandi air panas yang lebih lama, dengan penggunaan sabun yang terbatas. Berkuatdalam jumlah moderat dan membatasi penggunaan minuman panas juga merupakan tambahan yang berguna.

2. Jika tak pasti, perneriksaan KOH atau VDRL dibenarkan.

3. Pruritus kadang-kadang menjadi problima besar. Atarax , lO - 25mg, qid, prn atau Periactin, 4 mg, tidak pernah cukup untuk pengontrolannya.

4. Steroid topikal (oinmen atau krim triamsinolon 0,1%) dioleskanke erupsi, merupakan terapi penyokong utama. Resolusi biasanya dapat diharapkan dalam I - 2 minggu.

5. UVB sampai sedikit eritema, telah disebutkan menimbulkan perbaikan bermakna. Ini mungkin terapi plasebo tetapi beberapa orang menyebutkanadanya penyembuhan, biasanya cukup 1 - 3 pengobatan.

DERMATITIS EKSFOLIATIVA

Eritema generalisata bersama dengan deskuamasi skuama kecil di.kenalsebagai dermatitis eksfoliativa atau eritroderma eksfoliativa. Keadaan inidibagi dalam 4 kategori besar berdasarkan etiologinya :

1. Idiopatik (5O%).

2. Penyakit kulit yang telah ada sebelumnya (3O%). psoriasis, ekzema,dermatitis stasis, dermatitis kontak, pitiriasis rubra pilaris, dermatitisatopik, pemfigus foliaseous, dermatitis seboreika.

3. Kanker yang telah ada sebelumnya (10%). Leukemia, limfoma,mikosis fungoides, karsinoma.

4. Alergi obat (lO%). Dilantin, fenobarbital, isoniazid, emas, sulfonamida,kuinidin, fenilbutazon.

Tak dilakukan biopsi kulit kecuali pada kasus adanya infiltrasi keganasan(mikosis fungoides). sering terdapat abnormalitas tak spesifik lainnyadan berhubungan dengan eksfoliasi. Pasien ini merasa menggigil karena kehilangan panas dan mungkin menderita demam intermiten. Menonjol kehilangan rambut terutama pada wanita dan hampir universalis terdapat limfadenopati.

Hepatomegali tak spesifik tetapi splenomegali biasanya menunjukkan proses keganasan. Harus dicoba membuat diagnosa etiologik.Kasus-kasus idiopatik sering menetap bertahun-tahun sedangkiin eksfoliasiyang berhubungan dengan obat sembuh denga4 penghentian terapi. Median dari lamanya penyakit adatah 10 bulan. Klik disini untuk mengetahui info detil tentang cara mengatasi masalah kencing manis paling efektif.

Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post